Apa yang Disebut Bahasa Pemrograman?
Bahasa
pemrograman adalah teknik komunikasi standar untuk mengekspresikan
instruksi
kepada komputer. Layaknya bahasa manusia, setiap bahasa memiliki tata tulis
dan
aturan tertentu.
Bahasa
pemrograman memfasilitasi seorang programmer secara tepat menetapkan data
apa yang
sedang dilakukan oleh komputer selanjutnya, bagaimana data tersebut
disimpan
dan dikirim, dan apa yang akan dilakukan apabila terjadi kondisi yang variatif.
Bahasa
pemrograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, menengah, dan
tingkat
tinggi. Pergeseran tingkat dari rendah menuju tinggi menunjukkan kedekatan
terhadap
”bahasa manusia”.
Kategori Bahasa Pemrograman
- Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Merupakan
bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena
kedekatannya
terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan program
diterjemahkan
kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan
compiler.
Sebagai
contoh adalah : JAVA, C++, .NET
- Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
Bahasa
pemrograman generasi pertama. Bahasa jenis ini sangat sulit dimengerti
karena
instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan bahasa
assembly
merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap instruksi
komputer.
Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan
assembler.
- Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah
Dimana
penggunaan instruksi telah mendekati bahasa sehari – hari, walaupun masih
cukup
sulit untuk dimengerti karena menggunakan singkatan – singkatan seperti
STO yang
berarti simpan (STORE) dan MOV yang artinya pindah (MOVE). Yang
tergolong
dalam bahasa ini adalah Fortran.
Alur Pembuatan Program
Seorang
programmer tidak melakukan pembuatan dan pengkodean program secara
begitu
saja, namun mengikuti perencanaan dan metodologi yang terstruktur yang
memisahkan
proses suatu aplikasi menjadi beberapa bagian.
Berikut
ini langkah – langkah sistematis dasar dalam menyelesaikan permasalahan
pemrograman
:
1.
Mendefinisikan masalah
2.
Menganalisa dan membuat rumusan pemecahan masalah
3.
Desain Algoritma dan Representasi
4.
Pengkodean, Uji Coba dan pembuatan dokumentasi
Untuk
memahami langkah dasar dalam pemecahan masalah dalam sebuah komputer
mari
kita mendefinisikan sebuah permasalahan yang akan diselesaikan langkah demi
langkah
sebagaimana metodologi pemecahan masalah yang akan dibahas selanjutnya.
Definisi Permasalahan
Seorang
programmer umumnya mendapatkan tugas berdasarkan sebuah permasalahan.
Sebelum
sebuah program dapat terdesain dengan baik untuk menyelesaikan beberapa
permasalahan,
masalah–masalah yang terjadi harus dapat diketahui dan terdefinisi
dengan
baik untuk mendapatkan detail persyaratan input dan output.
Sebuah
pendefinisan yang jelas adalah sebagian dari penyelesaian masalah.
Pemrograman
komputer mempersyaratkan untuk mendefiniskan program terlebih
dahulu
sebelum membuat suatu penyelesaian masalah.
Mari
kita definisikan sebuah contoh permasalahan :
”Buatlah sebuah program yang akan menampilkan berapa kali sebuah nama
tampil pada sebuah daftar”
Analisa Permasalahan
Setelah
sebuah permasalahan terdefinisi secara memadai, langkah paling ringkas dan
efisien
dalam penyelesaian harus dirumuskan.
Umumnya,
langkah berikutnya meliputi memecahkan masalah tersebut menjadi
beberapa
bagian kecil dan ringkas.
Contoh masalah :
Menampilkan jumlah kemunculan sebuah nama pada daftar
Input Terhadap Program :
Daftar Nama, Nama yang akan dicari
Output Dari Program :
Jumlah kemunculan nama yang dicari
Desain Algoritma dan Representasi
Setelah kita mengetahui dengan baik dan jelas mengenai permasalahan yang ingin
diselesaikan, langkah selanjutnya yaitu membuat rumusan algoritma untuk
menyelesaikan permasalahan. Dalam pemrograman komputer penyelesaian masalah
didefinisikan dalam langkah demi langkah.
Algoritma adalah urutan langkah – langkah logis penyelesaian masalah yang disusun
secara sistematis dan logis. Logis merupakan kunci dari sebuah algoritma. Langkahlangkah
dalam algoritma harus logis dan bernilai benar atau salah.
Algoritma dapat diekpresikan dalam bahasa manusia, menggunakan presentasi grafik
melalui sebuah FlowChart (diagram alir) ataupun melalui PseudoCode yang
menjembatani antara bahasa manusia dengan bahasa pemrograman.
Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada bagian sebelumnya, bagaimanakah kita
dapat memberikan solusi penyelesaian secara umum dalam sebuah alur yang dapat
dengan mudah dimengerti?
Mengekspresikan cara penyelesaian melalui bahasa manusia :
- Tentukan nama yang akan dicari, anggaplah ini merupakan sebuah kata kunci
- Bandingkan kata kunci terhadap setiap nama yang terdapat pada daftar
- Jika kata kunci tersebut sama dengan nama yang terdapat pada daftar,tambahkan nilai 1 pada hasil perhitungan
- Jika seluruh nama telah dibandingkan, tampilkan hasil perhitungan (output).
Sistem Numerik dan Konversi
Bilangan dapat disajikan dalam beberapa cara. Cara penyajiannya tergantung pada Basis
(BASE) bilangan tersebut. Terdapat 4 cara utama dalam penyajian bilangan.
Manusia umumnya menggunakan bilangan pada bentuk desimal. Bilangan desimal
adalah sistem bilangan yang berbasis 10. Hal ini berarti bilangan – bilangan pada sistem
ini terdiri dari 0 sampai dengan 9. Berikut ini beberapa contoh bilangan dalam bentuk
desimal :
12610 (umumnya hanya ditulis 126)
1110 (umumnya hanya ditulis 11)
1.6.2 Sistem Bilangan Biner
Bilangan dalam bentuk biner adalah bilangan berbasis 2. Ini menyatakan bahwa
bilangan yang terdapat dalam sistem ini hanya 0 dan 1. Berikut ini contoh penulisan dari
bilangan biner :
11111102
10112
Bilangan dalam bentuk oktal adalah sistem bilangan yang berbasis 8. Hal ini berarti
bilangan–bilangan yang diperbolehkan hanya berkisar antara 0 – 7. Berikut ini contoh
penulisan dari bilangan oktal :
1768
138
- Sistem Bilangan Heksadesimal
Bilangan dalam sistem heksadesimal adalah sistem bilangan berbasis 16. Sistem ini
hanya memperbolehkan penggunaan bilangan dalam skala 0 – 9, dan menggunaan
huruf A – F, atau a – f karena perbedaan kapital huruf tidak memiliki efek apapun.
Berikut ini contoh penulisan bilangan pada sistem heksadesimal :
7E16
B16
Belum ada tanggapan untuk "MENGENAL BAHASA PEMPROGRAMAN KOMPUTER"
Post a Comment